Gibran Dilirik Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Ini Kata Jokowi

Berita, Lifestyle64 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi merespon singkat soal pernyataan Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, Puan Maharani yang melirik Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden atau cawapres untuk Ganjar Pranowo. Presiden tampak tak mau banyak berkomentar soal peluang putra sulungnya tersebut menjadi cawapres.

“Ya tanyakan Bu Puan (soal Gibran wapres),” ujar Jokowi singkat sambil tertawa di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Agustus 2023.

Sebelumnya, Puan Maharani menyebut pihaknya mempertimbangkan untuk memasangkan Gibran Rakabuming Raka dengan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Nama putra sulung Jokowi itu akan dipertimbangkan jika Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan batas usia calon presiden dan calon wakil presiden menjadi minimal 35 tahun. 

“Kami mencermati hal tersebut. Kalau memang kemudian di MK-nya disetujui ada calon cawapres di bawah 40 tahun, ya bisa saja Mas Gibran yang maju,” kata Puan di kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Agustus 2023.

MK tak bisa pastikan tanggal putusan uji materi batas usia capres dan cawapres 

Sementara itu, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman menyebut proses uji materi tersebut masih dalam proses pembahasan. Dia pun tak bisa memastikan kapan MK akan memutus perkara tersebut.

“Masih proses, masih pembuktian di sidang berikutnya,” kata Anwar di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 14 Agustus 2023. 

Anwar yang berstatus adik ipar Jokowi juga memastikan tak ada pihak yang mendesaknya agar putusan gugatan dikeluarkan sebelum masa pendaftaran capres-cawapres di KPU. 

Iklan

“Wah, nggak ada, siapa yang bisa mendesak,” kata Anwar. 

Gugatan uji materiil di Mahkamah Konstitusi terkait persyaratan batas usia capres dan cawapres dalam Pasal 169 huruf (q) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu sebelumnya diajukan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Baca Juga  Jadwal PNS di Kota Balikpapan 2023

Tanggapan dari Gibran

Gibran sendiri menolak untuk menjadi cawapres Ganjar Pranowo. Dia menyatakan dirinya bukan siapa-siapa dan memilih agar para politikus senior yang menjadi pendamping Ganjar.

Waduh ya jangan saya. Kan saya bukan siapa-siapa. Takutnya nanti Pak Ganjar kalah gara-gara saya kan repot. Jangan, jangan. Yang senior-senior saja,” kata Gibran.

Selain Ganjar Pranowo, Gibran juga sempat didorong menjadi cawapres untuk mendampingi capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Dorongan itu datang dari sejumlah kelompok relawan yang mendukungnya pada Pilkada Solo 2020.

M JULNIS FIRMANSYAH| SEPTIA RYANTHIE


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *